Teknologi dan Media Pendidikan Agama Kristen

 Hari ini tanggal 15 Agustus 2023, saya mengajar di semester V untuk mata kuliah Teknologi dan Media Pendidikan Agama Kristen. Setelah masuk uang kuliah, saya membawa mahasiswa ke halaman kampus berdiri di bawah pohon ara. Saya sengaja membawa mereka ke area pohon ara untuk memberi penjelasan tentang teknologi dalam arti konsep dan alat. Suasana itu secara visual diabadikan oleh ibu Katji Naat dengan hasil gambar sbb:

Foto oleh Ibu Katji Mariani Na'at
 
Hasil mengumpulkan mahasiswa di bawah pohon ara yaitu mendapat konsep mengambil daun untuk menjadi alas duduk bila belajar dilakukan dibawah pohon. Disini teknologi tidak lain adalah upaya mengambil sumber daya alam untuk dijadikan alat dalam mengatasi masalah. Sebelumnya, saya melarang mereka untuk duduk di atas potongan kayu, mereka hanya berdiri. Lalu saya bertanya kepada mereka: Jika kita melaksanakan pembelajaran di bawah pohon maka kita menghadapi sejumlah masalah. Anggap saja tidak ada alat yang kita pakai untuk duduk lalu belajar. Ada yang mengusulkan ambil daun untuk dijadikan alat. Sampai disini, saya menyatakan kepada mereka kita sudah menekan antara konsep dan alat. Dalam teknologi ada konsep-konsep yang akan melahirkan alat dan alat tersebut dapat dipakai dalam kehidupan manusia khususnya dalam dunia pendidikan. Banyak masalah dalam dunia pendidikan, masalah masalah tersebut membutuhkan alat atau teknologi untuk mengatasinya. Selanjutnya saya bawa mereka masuk di ruang kuliah untuk menjelaskan tentang konsep Teknologi Pendidikan dan Teknologi sebagai Media Pendidikan Agama Kristen.

tks
 
 


About PENA ILMIAH MAHASISWA

Pena ilmiah Mahasiswa merupakan media publikasi ilmiah mahasiswa STT IKSM Santosa Asih. Publikasi ilmiah berupa artikel ilmiah yang diambil dari tugas mata kuliah dari semester yang sedang dijalaninya. Artikel diterbitkan setelah direview oleh reviewer yang berasal dari mahasiswa yang sudah menerbitkan artikel ilmiah di "Pena Ilmiah Mahasiswa". Selain mahasiswa STT IKSM Santosa Asih, terbuka juga untuk mahasiswa dari STT lain yang hendak mempublikasikan tulisannya di Pena Ilmiah Mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar