Fokus dan Metode Sitasi serta Pustaka

Fokus and Scope


 

Pena Ilmiah Mahasiswa: Media Ilmiah Mahasiswa Teologi Program Studi Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi IKSM Santosa Asih merupakan media ilmiah yang dikelola dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi IKSM Santosa Asih untuk mempublikasikan karya ilmiah mahasiswa, khususnya tugas-tugas mata kuliah yang diikuti dalam semester ganjil maupun genap, artikel diterbitkan tanpa Batasan waktu. Selanjutnya focus penulisan ilmiah dari mahasiswa yaitu pada mata kuliah yang diikuti di Sekolah Tinggi Teologi pada semester yang sedang berlangsung. Dengan demikian artikel yang diminta adalah artikel yang berhubungan dengan semua mata kuliah yang dipelajari di Sekolah Tinggi Teologi pada semester yang sedang diikutinya, semester yang sudah dilewati tentu tidak termasuk dalam focus penulisan ilmiah yang rencana diterbitkan di Pena Ilmiah Mahasiswa


 

Style Sitasi dan Daftar Pustaka

 Ketentuan penulisan artikel ilmiah di Pena Ilmiah Mahasiswa yakni:

1.       Menggunakan Turabian dengan 2 model, silakan pilih salah satu dan konsisten dengan pilihan tersebut.

Sitasi atau pengutipan dalam Pena Ilmiah menggunakan model pengutipan yang mengacu pada Turabian Style 8.1. Jadi, ada dua model, yaitu:

2.1. daftar acuan dengan catatan perut (refference list with parenthical

citations) dan

2.1. daftar pustaka dengan catatan kaki (bibliography with footnotes).

Para mahasiswa dapat memilih salah satu dari dua model ini dengan konsisten. Artinya bila meggunakan sitasi Turabian dengan salah satu dari 2 model yang ada dalam teori Pengutipan (Sitasi) artikel ilmiah oleh Turabian maka harus konsisten. Misalnya mhs hendak memilih model daftar Pustaka dengan catatan kaki atau bibliography list with paenthical citations maka harus konsisten dengan penggunakan model ini, jangan dicampurkan dengan daftar acuan dengan catatan perut. disini Pena Ilmiah memeberi kebebasan memilih model sitasi yaitu pengutipan sumber dan penulisan daftar pustaka

 

2.       APA (American Psikologi Asosiation)

2.1. APA Styke (Metode ) Sitation (Sitasi)

2.2. APA Style (Metode) Menulis Daftar Pustaka

3.       Harvard Style

3.1. Hardvard Style (Metode) Ciatation (pengutipan)

3.2. Harvard Style (Metode) PenulisanDaftar Pustaka

 

Jadi, Pena Ilmiah Mahasiswa memberi kebebasan memilih style (metode) menulis pengutipan dan menulis daftar Pustaka. Ada beberapa Style sbb:

 

(a) Turabian Style (Metode Turabian),

(b) Harvard Style (Metode Harvard);

(c) Vancouver Style (Metode Vancouver);

(d) American Psychological Association (APA) Style;

(e) Chicago Style; atau

(f) Kombinasi dari berbagai style.

Umumnya, style yang dipakai para penulis, peneliti, dan kalangan lembaga pendidikan dan publikasi ilmiah yaitu penggunaan  metode penulisan sitasi dari Harvard-APA Style. Bahkan style  penulisan daftar pustaka menurut APA (American Psychological Association) sering memakai metode Harvard (Harvard Style).
 

Selanjutnya template Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa untuk diterbitkan di Pena Ilmiah Mahasiswa dapat didowload di: 


 

About PENA ILMIAH MAHASISWA

Pena ilmiah Mahasiswa merupakan media publikasi ilmiah mahasiswa STT IKSM Santosa Asih. Publikasi ilmiah berupa artikel ilmiah yang diambil dari tugas mata kuliah dari semester yang sedang dijalaninya. Artikel diterbitkan setelah direview oleh reviewer yang berasal dari mahasiswa yang sudah menerbitkan artikel ilmiah di "Pena Ilmiah Mahasiswa". Selain mahasiswa STT IKSM Santosa Asih, terbuka juga untuk mahasiswa dari STT lain yang hendak mempublikasikan tulisannya di Pena Ilmiah Mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar